Inilah Penyebab Jerman Kalah Saat Melawan Jepang

waktu baca 3 menit
Kamis, 24 Nov 2022 06:12 0 80 admin

Ada beberapa penyebab Jerman kalah dari Jepang dengan skor 1-2 pada laga Piala Dunia 2022. Sejatinya, timnas Jerman bermain baik lantaran mampu unggul lebih dulu melalui tendangan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Skor 1-0 pun mulai bertahan sampai babak pertama berakhir.

Sayangnya, pada akhir babak kedua, timnas Jepang langsung bangkit. Gol dari Ritsu Doan pada menit ke-75 mampu membuyarkan konsentrasi Jerman. Timnas Jepang punh mulai mencetak gol lagi pada menit ke-83 lewat aksi Takuma Asano.

Timnas Jerman harus rela menelan kekalahan dengan skor 1-2 dari Jepang pada laga Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Stadion Internasional Khalifa pada hari Rabu, 23 November 2022.

Sebenarnya, apa saja penyebab timnas Jerman kalah dari Jepang di Piala Dunia 2022? Anda bisa simak informasi lengkapnya hanya di bawah ini.

5 Penyebab Timnas Jerman Kalah Saat Melawan Jepang di Piala Dunia 2022

Berikut beberapa penyebab timnas Jerman kalah saat melawan Jepang pada Piala Dunia 2022, yaitu:

  1. Timnas Jepang Berani Menyerang di Babak Kedua

Di babak pertama, Jepang bermain dengan bertahan saja. Tetapi, di babak kedua Hajime Moriyasu meminta kepada para pemainnya untuk bermain saat menyerang.

Nyatanya, keputusan itu berjalan dengan baik. Dengan memainkan umpan-umpan pendek serta umpan terobosan, Jepang bisa bermain lebih efektif pada babak kedua serta dua gol pun berhasil tercipta.

  1. Hansi Flick Gagal Memanfaatkan Pergantian Pemain dan Penguasaan Bola

Penyebab kekalahan Jerman atas Jepang berikutnya terjadi karena Hansi Flick, pelatih timnas Jerman gagal memanfaatkan penguasaan bola yang dimiliki timnya. Jerman sebenarnya memiliki lebih dari 70% penguasaan bola, tetapi mereka tidak dapat mencetak gol.

Keputusan Hansi Flick dalam pergantian pemain pun tidak berjalan mulus. Masuknya beberapa pemain, seperti Leon Goretzka, Youssoufa Moukoko, Nicklas Fullkrug, Jonas Hofmann, dan Mario Gotze tidak memberikan dampak positif untuk permainan Jepang.

  1. Pergantian Pemain Jepang Berjalan Baik

Keputusan Hajime Moriyasu, pelatih timnas Jepang dalam pergantian pemain ternyata berjalan efektif. Buktinya, dua pemain yang baru dimasukkan di babak kedua, yaitu Ritsu Doan dan Takuma Asano berhasil menjadi pencetak gol pada laga tersebut.

  1. Tidak Memiliki Striker yang Tajam

Kai Havertz mendapatkan kepercayaan untuk menjadi ujung tombak Jerman ketika melawan Jepang. Dirinya bertugas sebagai striker bayangan lantaran Der Panzer tidak memiliki penyerang yang bisa diandalkan.

Sejatinya, timnas Jerman memiliki Timo Werner, tetapi pemain RB Leipzig itu tidak ikut ke Piala Dunia Qatar karena cedera. Sehingga, Jerman tidak memiliki striker murni untuk mencetak gol dan membuat timnya menjadi kesulitan.

  1. Pertahanan Timnas Jepang yang Rapat

Di babak pertama, timnas Jepang bermain dengan pasif alias cuma bertahan saja. Mereka hanya memanfaatkan serangan balik ketika menyerang saja. Pertahanan yang rapat itu membuat Jerman kesulitan untuk mencetak gol. Bahkan, Jerman kesulitan saat ingin memasuki kotak penalti Jepang.

Hasil yang cukup mengejutkan antara Jerman vs Jepang di laga pertama Grup E lantaran Der Panzer tumbang 1-2 memang tidak diperkirakan sebelumnya. Dengan begitu, timnas Jerman dinyatakan kalah dan Jepang lebih unggul saat bertanding pada laga yang diselenggarakan di Stadion Internasional Khalifa tersebut.

Itulah beberapa penyebab Jerman kalah dari Jepang pada pertandingan hari Rabu, 23 November 2022. Kekalahan itu terjadi karena yang menjadi pemain andalan Jerman tidak ikut serta dalam pertandingan Piala Dunia 2022.

x Piala Dunia 2022 MANGGA2BET